Agar Gigi Anda Aman dari Karies, Lakukan Pencegahan dengan Siwak

Senin, 17 Desember 2018 - 14:10 WIB
Agar Gigi Anda Aman dari Karies, Lakukan Pencegahan dengan Siwak
Agar Gigi Anda Aman dari Karies, Lakukan Pencegahan dengan Siwak
A A A
SEIRING waktu, ternyata angka kejadian karies (gigi berlubang) semakin tinggi. Menurut drg Bambang Nursasongko SpKG(K) dari FKG UI, dibandingkan pada orang zaman dahulu, risiko terkena karies pada masyarakat dewasa ini menjadi lebih meningkat.

“Penyebabnya adalah pola makan modern,” kata drg Bambang dalam acara yang diadakan Sasha Halal Toothpaste, belum lama ini. Hal itu bisa terlihat dari tingginya angka karies di perkotaan ketimbang di desa yang masih lebih mempertahankan kebiasaan zaman dahulu.

Berbagai makanan olahan, belum lagi minuman manis dan berkarbornasi, turut menyumbang risiko karies. Alhasil, banyak karbohidrat yang difermentasi oleh bakteri. Berbeda dengan masyarakat desa yang masih banyak mengonsumsi serat, yang membantu membersihkan gigi dari kotoran.

Meski begitu, ia tidak menampik angka karies di pedesaan yang juga sudah mulai meningkat karena terpengaruh pola makan perkotaan. Salah satu cara masyarakat zaman dulu membersihkan gigi adalah dengan menggunakan siwak. Siwak termasuk salah satu chewing stick yang telah digunakan sejak 3.500 tahun lalu. Ada 182 jenis tanaman yang dulu biasa digunakan sebagai chewing stick .

“Hanya siwak yang sampai saat ini masih digunakan karena menjadi bagian dari agama tertentu (Islam). Rasulullah meminta umatnya membersihkan gigi, dan Rasul mencontohkan dengan menggunakan siwak,” tutur Dr Siti Sadiah Msi Apt, dosen Divisi Fisiologi, Dept Anatomi Fisiologi dan Farmakologi Fakultas Kedokteran Hewan IPB, dan Peneliti Pusat Studi Biofarmaka Tropika LPPM IPB.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6223 seconds (0.1#10.140)